BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Perdagangan sebenarnya merupakan
kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya. Sejalan dengan
perkembangan manusia, cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa
berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunanya kini ialah
e-commerce. Makhluk apa sesungguhnya e-commerce itu, bagaimana ia dapat
mempermudah penggunanya, serta peran pentingnya akan dibahas dalam tulisan ini.
Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai
bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan
electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan
definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk
transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service)
dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan
di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan
bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.
Media elektronik yang dibicarakan di dalam tulisan ini
untuk sementara hanya difokuskan dalam hal penggunaan media internet. Pasalnya,
penggunaan internetlah yang saat ini paling populer digunakan oleh banyak
orang, selain merupakan hal yang bisa dikategorikan sebagai hal yang sedang
‘booming’. Perlu digarisbawahi, dengan adanya perkembangan teknologi di masa
mendatang, terbuka kemungkinan adanya penggunaan media jaringan lain selain
internet dalam e-commerce. Jadi pemikiran kita jangan hanya terpaku pada
penggunaan media internet belaka. Penggunaan internet dipilih oleh kebanyakan
orang sekarang ini karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan
internet, yaitu:
Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar
(huge/widespread network), layaknya yang dimiliki suatu jaringan publik
elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses.
Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.
Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.
Dari apa yang telah diuraikan di atas, dengan kata
lain; di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan
perdagangan/perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public
network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet.
BAB II
ISI
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNTUK IKUT SERTA DALAM PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
A. Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Perdagangan
melalui jaringan elektronik dapat didefenisikan dengan sangat sempit. Dapat
hanya mencakup transaksi hanya berhubungan dengan pelangggan dan pemasok dan
digambarkan dalam hal internet, seolah- olah tidak ada alternatif komunikasi
lain.
Kita
mengambil pandangan yang jauh lebih luas. Kita mendefenisikan perdagangan
jaringan elektronik sebagai penggunaan komputer sebagai penggunaan komputer untuk
memudahkan semua operasi perusahaan. Banyak operasi itu bersifat internal-
dilakukan dalam perusahaan oleh bidang fungsional ke sumber daya manusia, jasa
operasi, manufaktur, dan pemasaran. Beberapa operasi lain mempunyai hubungan
perusahaan dengan kedelapan elemen lingkungan. Tabel 3.1 menunjukkan hubungan
lingkungan ini. Bebarapa bidang memiliki tanggungjawab utama untuk elemen-
elemen tersebut. Keuangan terutama berhubungan dengan masyarakat keuangan,
pemeganga saham dan pemilik srta pelanggan perusahaan. Sumber daya manusia
memiliki perhatian khusus pada masyarakat global dan serikat pekerja. Jasa informasi
berhubungan dengan pemasok perangkat keras dan perangkat lunak. Manufaktur
bertanggungjawab dalam berhubungan dengan pemasok perusahaan dan buruh.
Pemasaran terutama bertanggungjawab untuk berhubungan dengan pelanggan dan
perusahaan. Semua bidang itu berhubungan dengan pemerintah.
Tabel
3.1 Tanggung
jawab lingkungan utama dari bidang fungsional
ELEMEN LINGKUNGAN
|
KEUANGAN
|
SUMBER DAYA MEANUSIA
|
JASA INFORMASI
|
MANUFAKTUR
|
PEMASARAN
|
Pelanggan
|
X
|
|
|
|
X
|
Pemasok
|
|
|
X
|
X
|
|
Pemegang
saham dan pemilik
|
X
|
|
|
|
|
Serikat
pekerja
|
|
X
|
|
X
|
|
Pemerintah
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
Masyarakat
keuangan
|
X
|
|
|
|
|
Masyarakat
global
|
|
X
|
|
|
|
pesaing
|
|
|
|
|
X
|
1. Manfaat yang diantasipasi
dari perdagangan melalui jaringan elektronik
Perusahaan-
perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk
mencapai perbaikan di seluruh organisasi. Perbaikan ini diharapkan menghasilkan
3 manfaat utama:
·
Pelayanan
pelanggan yang lebih baik
·
Hubungan
dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
·
Pengambilan
atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
Manfaat- manfaat
ini berkontribusi pada stabilitas keuangan prusahaan dan memungkinkannya untuk
bersaing dengan lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk
menggunakan teknologi komputer.
2. Kendala perdagangan
melalui jaringan elektronik
Tidak semua
perusahaan ikut dalam keramaian perdagangan melalui jaringan elektronik. Dalam
suatu survei tahun 1996, 60 persen dari perusahaan yang menjawab menunjukkan
bahwa mereka tidak menerapkan perdagangan melalui jaringan elektronik dan tidak
memiliki rencana untuk melakukannya dalam 3 tahun yang akan datang. Ketika
ditanyakan alasan kehati- hatian mereka, perusahaan- perusahaan itu
mendaftarkan 3 kendala berdasarkan urutan berikut :
·
Biaya
tinggi
·
Masalah
keamanan
·
Perangkat
lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
Perusahaan
yang telah memiliki sistem terutama menggunakannya untuk transaksi dengan
pemasok ( 91 pesen) dan pelanggan ( 88 persen ), serta proses- proses utama
berhubungan dengan pesanan pembelian, transfer pembayaran dan faktur.
Gambar
3.1 ( pemilihan strategi motodologi, teknologi, dan perdagangan elektronik )
3. Jalan menuju perdagangan
melalui jaringan elektronik
ketika para
eksekutif perusahaan memutuskan bahwa manfaat yang diantisipasi melebihi dan
membuat keputusan untuk “ jalan “, mereka memahami bahwa penerapannya akan
menjadi suatu tugas raksasa. Gambar 3.1 menunjukkan langkah- langkah utama.
Rencana bisnis mewujudkan komitmen untuk menggunakan perdagangan melalui
jaringan elektronikuntuk mencapai keunggulan strategis. Perusahaan pertama-
tama mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran potensial yang
dimainkan tiap elemen lingkungan. Kemudian komitmen untuk membentuk suatu
sistem antar- organisasi ( IOS) melalui
pertukaran elektronik ( EDI). IOS dicapai dengan mengikuti siklus hidup sistem
( system life cycle- SLC ) melakukan rancang ulang proses bisnis ( BPR ). Hasilnya
adalah sistem berorientasi jaringan menggunakan sambungan langsung, jaringan
bernilai tambah, internet, atau kombinasinya.
B. Intelijen bisnis
Ada ungkapan bahwa “ jika anda
ingin membuat sup ayam “ hal pertama yang anda perlukan ayam. Logika yang sama
dapat diterapkan untuk subjek kita dengan mengatakan , “ jika anda ikut serta
dalam perdagangan melalui jaringan elektronik, hal pertama yang anda perlukan
adalah pemahaman mengenai elemen- elemennya”. Hal ini berlaku dalam
intelijen bisnis Selama tahun 1960-an, dan
1970-an perusahaan- perusahaan A.S kurang perlunya pengumpulan informasi
mengenai lingkungan mereka. Namun, persaingan ketat global telah mengubah
semuanya. Sekarang pengumpulan, penyimpanan dan penyebaran ke lingkungan
merupakanaplikasi komputer yang penting dalam banyak perusahaan di seluruh
dunia.
Awalnya,
aplikasi itu di8khususkan untuk mengumpulkan informasi tentang perusahaan,
sehingga tercipta istilah intelijen kompetitif ( competitive intelligence- CE )
didefenisikan secara luas untuk mencakup informasi di semua elemen lingkungan,
istilah yang sering disebut adalah intelijen bisnis ( business intelligence –
BI ). Informasi yang menjelaskan elemen- elemen lingkungan perubahan dinamakan
intelijen.
1. Tugas- tugas intelijen
dasar
Intelijen kompetitif melibatkan 5
tugas dasar intelijen, yang digambarkan dalam gambar 3.2. Beberapa perusahaan
membuat suatu unit intelijen khusus untuk melaksanakan tugas- tugas tersebut.
Perusahaan lain menyerahkan tugas- tugas tersebut pada unit yang ada sebagai
tanggung jawab tambahan.
a) Mengumpulkan
data
Perusahaan dapat memeperoleh data
primer atau data sekunder. Data primer dikumpulkan oleh perusahaan. Misalnya
periset pemasaran perusahaan melakukan suevei pelanggan. Data sekunder
dikumpulkan oleh orang lain dan disediakan untuk perusahaan. Banyak data sekunder
tersedia dalam bentuk database komersial yang disediakan oleh jasa database
dengan bayaran. Perusahaan dapat
mengakses pusat database jasa tersebut atau memperoleh salinan database
dalam bentuk CD-ROM.
b) Mengevaluasi
data
Semua data, sekunder maupun
primer harus dievaluasi sebelum digunakan untuk memastikan akurasinya.
c) Menganalisis
data
Data jarang mengungkapakan
keseluruhan cerita. Biasanya kesenjangan perlu diisi. Istilah pemikiran lateral
menjelaskan bagaimana anda meneliti data dari berbagai sudut , mencari berbagai
pola. Mengutip kata- kata salah seorang konsultan BI ,’ jika anda tidak dapat
menemukan telapak kaki,carilah jejak kaki. “ Tujuan dari langkah analisis adalh
mengubah data menjadi intelijen
d) Menyimpan
intelijen
Jika intelijen dibeli dalam
bentuk yang dapat dibaca mesin, seperti CD-ROM atau jika itu tersedia secara
online, pencatatan ke dalam komputer bukanlah masalah. Namun, jika intelijen
ada dalam bentuk tercetak, itu harus dimasukkan melalui ptical character
recognition, ( OCR) atau dengan
mengetik. Setelah berada di komputer, intelijen itu harus disimpan sedemikian
rupa sehingga memudahkan pengambilan kembali.
e) Menyebarkan intelijen
Setelah
berada dalam penyimpanan komputer, teks dokumen atau ringkasannya diambil
kembali dengan memasukkan perameter pencarian tertentu, seperti nama
perusahaan, tanggal, nama publikasi, dan nama pengarang.
Suatu
pendekatan canggih untuk penyebaran adalah dengan menyiapkan profil intelijen
untuk tiap pemakai, yang menjelaskan dalam bentuk kode topik – topik intelijen
yang ingin dipantau pemakai. Profil ini disimpan dalam komputer, dan ketika
datang sepotong intelijen yang cocok dengan profil tersebut, intelijen itu
tersedia bagi para pemakai. Teknik ini disebut penyebaran selektif ( selective
dissemination of information – SDI ).
Jasa
database komersial
Ada ribuan database komersial
yang dapat menyediakan informasi tentang hampir semua. Dua pemain utama dalm
bidang ini adalh DIALOG dan LEXIS- NEXIS. DIALOG, anak perusahaan dari Knight-
Ridder, Inc, menyediakan akses ke hampir 450 database dalam berbagai. Anda dapat memilih satu
atau beberapa file DIALOG yang sesuai dengan bidang minat Anda kemudian
melakukan pencarian. LEXIS –NEXIS , suatu devisi dari Reed, Elsevier , Inc,
adalah multi database yang sangat baik untuk mengakses informasi bisnis, hukum
dan pemerintah. Database DIALOG maupun LEXIS-NEXIS dapat diakses melalui modem
atau melalui internet.
Beberapa
jasa populer lain dijelaskan di bawah, dan walau sebagian besar menyediakan
informasi yang memilki aplikasi luas, beberapa menyediakan minat khusus bagi
manajer bidang fungsi tertentu. Tabel 3.2 menempatkan jasa- jasa database dalam
suatu kerangka kerja fungsional, menunjukkan database mana yang cocok dengan
kebutuhan bidang fungsional akan informasi lingkungan. Inil hanyalah suatu
sampel dan tidak berarti bahwa database lain tidak sama.
·
ABI/
INFORM dapat diakses baik melalui DIALOG maupun LEXIS-NEXIS , menerupai liputan
teks lengkap sekitar 500 publikasi, yang meliputi subjek perhatian semua
manajer. Publikasi seperti HR Focus, HR Magazine, Human resource management dan
The journal Human resources membuat database itu sangat membantu manajer di
bidang sumber daya manusia. ABI/ INFORM juga merupakan sumber yang sangat baik untuk menajemen informasi
tentang kecenderungan di dalam komputer. ABI/ INFORM mengindeks sejumlah jurnal
utama dalam bidang ilmu informasi termasuk Communications of the ACM , Computer
technology Review, CD- ROM Profesional dan Journal of the American Society of
Information Science.
·
Business
dataline terdapat di dalam DIALOG dan LEXIS-NEXIS , memilki artikel teks
artikel lengkap dari 400 publikasi bisnis dan umum di Amerika Serikat dan
Kanada. Beberapa publikasi ini memberikan liputan yang kuat atas wilayah
metropolitan besar dan menyediakan serta liputan yang lebih sedikit atas
masyarakat setempat yang kecil.
·
Commerce
business daily adalah database LEXIS-NEXIS
yang mengambil data dari Publikasi Departemen Perdagangan yang bernama
sama. Database itu menyediakan pengumpulan kontrak pembelian pemerintah
federal, uraian standar pemerintah asing untuk impor komoditas, serta
pengumuman penjualan barang pemerintah. Antara 400 hingga 1000 ditambahkan tiap
hari dalam publikasi 24 jam ini.
·
Company
library, didapat dari LEXIS-NEXIS, menyediakan akses ke laporan tahunan dan
arsip SEC, yang diberikan oleh perusahaan publik A.S , beserta informasi
sejumlah perusahaan swasta pilihan. File- file tertentu dalam COMPANY berisi
informasi tahunan pemegang saham, 10- K fillings dan proxy statements.
·
Computer
select adalh sumber CD- ROM yang relatif baru yang berisi informasi perangkat
keras, perangkat lunak, dan industri komputer secara umum. Informasi itu
berbentuk artikel- artikel teks lengkap dari sekitar 80 terbitan berkala
komputer, ringkasan sekitar 40 publikasi tambahan lain, spesifikasi perangkat
keras dan perangkat lunak srta perusahaan komputer dari sekitar 13.000 penjual
dan produsen.
·
CURNWS
adalah suatu file LEXIS-NEXIS yang mengumpulkan artikel- artikel koran, majalah
laporan news wire, transkrip siaran dan sumber- sumber lain yang mencakup database
terakhir. Database ini seharusnya
menjadi perhatian para manajer di seluruh perusahaan.
·
Datastream
information services memungkinkan pemakai mendapat akses online dari data
neraca perusahaan- perusahaan A.S, Kanada dan perusahaan internasional
Gambar
3.2 ( database komersial membantu area fungsional mengumpulkan informasi lingkungan )
Elemen
lingkungan
|
Keuangan
|
Sumber
daya manusia
|
Jasa
informasi
|
Manufaktur
|
Pemasaran
|
Pelanggan
|
MARS
Business Dateline COMPANY Library INVESTEXT
|
|
|
|
MARS
Business Dateline COMPANY Library INVESTEXT
|
Pemasok
|
|
|
Computer
Select ABI/ INFORM
|
PROMT
Thomas
register
|
|
Pemegang
saham dan pemilik
|
COMPANY
Library Moodys Company
Data
|
|
|
|
|
Serikat
pekerja
|
|
ABI/
INFORM
CURNWS
|
|
PROMT
|
|
Pemerintah
|
CURNWS
FEDRB
|
CURNWS
|
CURNWS
|
CURNWS
PROMT
|
CURNWS
CBD
|
Masyarakat
keuangan
|
Datastream
information services
INVESTEXT
|
|
|
|
|
Masyarakat
global
|
|
Business
Dateline
CURNWS
|
|
|
|
pesaing
|
|
|
|
|
NPA
/Plus MARS
Thomas
register Moodys
|
modal saat ini, informasi obligasi dan data rinci
perekonomian. Database ini menyediakan data neraca , keuangan dan rasio dari
6.200 perusahaan publik, 300 perusahaan Kanada dan beberapa perusahaan pilihan
di Eropa dan Asia.
·
Federal
reserve bulletin ( FEDRB) adalah publikasi bulanan dari Federal Reserve Board
of Governors yang dapat diakses dari LEXIS-NEXIS . FEDRB berisi artikel dan
statistik kondisi ekonomi, kebijakan moneter, dan peraturan pemerintah dalam
bidang keungan. Juga terdapat artikel yang menampilkan diskusi tekstual dan
statistik tentang topik- topik tertentu seperti kecenderungan dalam perbankan,
perdagangan internasional dan produksi industri, beserta proyeksi kinerja
ekonomi masa depan. Periode yang dicakup database itu adalah Januari 1970
sampai sekarang.
·
INVESTEXT
memberikan laporan teks lengkap, yang dikeluarkan oleh lebih dari 180
perusahaan pialang dan lembaga investasi. Database ini tersedia di DIALOG dan
LEXIS-NEXIS. Laporan INVESTEXT menganalisis kinerja lebih dari 14.000
perusahaan publik dan lebih dari 50 kelompok industri. INVESTEXT tersedia dalam
bentuk CD- ROM dan online.
·
Mars
( Marketing and Advertising Research Service) memberikan kombinasi dari
ringkasan informatif dan artikel teks lengkap yang berhubungan dengan pemasaran
produk konsumsi dan jasa, maupun biri periklanan, media periklanan, dan pasar.
Database yang diperbaharui tiap ini tersedia di LEXIS-NEXIS dan DIALOG.
·
Moody’s Company Data berisi urian bisnis, informasi
eksekutif dan laporan keuangan lengkap lebih dari 10.000 perusahaan publik A.S.
Kemampuan grafis dai database CD-ROM ini sangat baik.
·
NPA/Plus(New Product
Announcements/plus),tersedia
di DIALOG,meberikan visi misi terkini tentang produk dan jasa baru.NPA/Plus
berisi teks lengkap press release.Dan berisi informasi deskriptif,juga
menginformasi tambahan.NPA/Plus mencakup data dari tahun 1985,dan sekitar 800
catatan dan bahkan setap minggu.ini merupakan informasi yang sangat bak tentang
pesaing.
·
PROMT(Predicast Overview
of Markets and Technology)terdiri dari
ringkasan,artikel lengkap,dan kutipan yang diambil dari lebih dari 1.000
publikasi bisnis dan kuangan termasuk jurnal,publikasi perdagangan,dan laporan
berkala.informasi yang disediakan tentang segala manufaktur termasuk material,pemasok,serikat pekerja,dan
perpajakan pemerintah,menjadikannya sangat menarik bagi para meneger
manufaktur.PROMT terdapat di DIALOG.
·
Thomas Register Online memberikan suatu indeks
lebih dari 150.000 perusahaan manufaktur di A.S dan kanada dan dapat digunakan
untuk memperoleh informasi tentang produk dan pemasoknya.Semua catatn
menyediakan nama merek,merek dagang,dan penjelasan produk perusahaan.Sehingga
banyak catatan yang memberikan informasi seperti jumlah pegawai serta nama
jabatan eksekutif.Thomas Register ada di DIALOG dan diperbaharui setiap setengah
tahun.
langkah pertama untuk mencapai
perdagangan melalui jaringan elektronik akan memperoleh pemahaman menyeluruh
tentang lingkungan tempat perdagangan itu akan dilkukan sebagian besar
inteligen ini dapat dikumpulkan melalui cara-cara non-komputer,seperti mensurvei, pengmatan, percakapan
informal,laporan lapangan,surat kabar dari artikel,dan
sebagainya.Namun,database komputer memungkinkan pembacaan informasi bervolume
besar secara mudah,dan menyeluruh.Dalam dunia,yang dapat dicirikan dengan
istilah”ledakan informasi kemampuan pengambilan kembali ni diyakini oleh banyak
perusahaan senlai dengan harganya.
C. Strategi
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Untuk
tiap masalah ada beberapa kemungkinan solusi,dan situasi ini dapat diterapkan sebagai
permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan
elektronik.Namun strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang
elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronika.Nama yang dberikan
untuk strategi ini adalah sistem antar-organisasi (IOS).Istilah lain dari
EDI,yang berarti pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk mencapai sistem antar-organisasi.
D. Sistem
Antar-Organisasi(IOS)
IOS(interorganizational
system/sistem antar-organisasi),kadang-kadang disebut sistem
antar-organisasi,adalah suatu organisasi perusahaan-perusahaan yang terkait
sehingga berfungsi sebagai suatusistem tunggal;yang bekerja sama untuk mencapai
tujuan bersama perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitr dagang
atau mitra bisnis.
Dalam kasus sistem pemesanan
penerbangan ,IOS adalah produk dari usaha pengembangan dan promosi oleh
pemasok,yaitu perusahaan penerbangan itu.Organisasi yang menjadi daya penggerak
dibalik IOS adalah sponsor IOS.Organisasi-organisasi lain disebut peserta
IOS.Dalam contoh ini,sponsor IOS adalah pemasok,tetapi sponsor IOS daat juga
pelanggan.Contoh IOS yang digerakkan oleh pelanggan adalah IOS yang
dikembangkan oleh raksasa eceran seperti Wal-Mart,Sears,JC Penney,dan
Kmart.Sponsor dan peserta tediri dari para mitradagang tersebut.
1. Manfaat IOS
Manfaat dari mitra dagang IOS ada
2,yaitu :
a. Efisiensi
Komparatif
dengan bergabung dalam IOS,para
mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih
murah daripada pesaing mereka.perbaikan dalam efisiensi ini dapat berasal dari
dalam dan berkaitan dengan organisasi lain.
·
Efisiensi
Internal terdiri dari perbaikan-prbaikan dalam operasi perusahaan itu
sendiri,sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data lebih cepat,menganalisisnya
lebih cepat,da membuat keputsan lebih cepat.
·
Efisiensi-antar
organisasi mencakup perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama
dengan perusahaan lain.perusahaan ini memungkinkan perusahaan untuk menawarkan
lebih banyak pelanggan,memindahkan pekerjaan tertentu ke pemasok atau
pelanggan,serta lebih mudah mengumpulkan data lingkungan.
b. Kekuatan Tawar-menawar
kemampuan suatu perusahaan untuk
menyelesakan suatu perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang
menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar-menawar (bargainning
power).kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar dengan dengan menawarkan
keistimewaan produk unik,dengan mengurangi biaya yang berhubungan dengan
pencarian,dan dengan meningkatkan biaya peralihan.
·
keistimewaan
produk yang unik
hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan
pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan dalam bentuk pemesanan yang lebih
mudah,pengiriman yang lebih cepat,dan waktu respons atas permintaan informasi
yang lebih cepat.pelayan yang leb baik ini menjadi keistimewaan poduk
perusahaan,membuatnya lebih menarik daripada produk serupa yang ditawrkan
pesaing.
·
penurunan
biaya yang berhubungan dengan pencarian
dengan menjadi bagan dari suatu
IOS,perusahaan dapat mengurangi biaya “berbelanja”yaa ng dialami pelanggannya
dalam mencari pemasok,mengidentifikasi produk alternatif,dan mendapat harga
terendah.Karena perusahaan itu sendiri adalah pelanggan dari
pemasoknya,perusahaan dapamengalami penurunan biaya belanja yang sama ketika
memesan dari pemasoknya.
·
peningkatan
biaya peralihan
perusahaan ingin agar jika
pelanggan beralih ke pesaing maka biayanya menjadi mahal.IOS mencapai manfaat
ini dengan memberikan bagi pelanggansumber daya informasi seprti perangkat
keras,perangkat lunak dan saluran komunikasi yang harus diganti jika produk
dibeli dari perusahaan lain.
IOS memiliki landasan teoritis
yang kuat-delapan elemen lingkungan yang dihubungi oleh arus sumber daya.
E. Pertukaran
Data Elektronik
Pertukaran data elektonik adalah
transmisi data dalam bentuk berstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung
dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan.Transmisi tersebut
memungkinkan data ditransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang.
1. Hubungan EDI
yang umum
Hubungan EDI yang umum membentuk
kaitan antara perusahaan dan pemasoknya dari pelanggannya.kaitan dengan
pemasoknya dinamakan sisi pasokan(supplay side) sistem.Kaitan dengan pelanggan
dinamakan sisi pelanggan(costumer side).
Gambar 3.3. menunjukkan hubungan
umum di sisi pasokan.Tiap panah menggambarkan suatu arus data dan terdiri dari
set transaksi.set transaksi adalah suatu jenis dokumen seperti faktur.
Dalam gambar tersebut,dibaca dari
atas ke bawah,perusahaan mengirimkan suatu set transmisi ke pemasok untuk
menanyakan harga penawaran.Pemasok menjawab dengan harga penawaran perusahaan
memutuskan untuk melakukan pembelian dan transmisi pesanan pembelian(P.O)ke
pemasok.Pemasok menerima P.O. tersebut.Pemasok memenuhi pesanan itu
mentransmisikan faktur ke perushaan,menagih pembayara.Arus yang sama ada disisi
pelanggan dengan perusahaan yang berperan sebagai pemasok.
2. Pengisian
Kembali Persediaan oleh Penjual
Gambar
3.3 menggambarkan dialog yang umum antara perusahaan dan pemasok.
3. Pengisian Kembali Persediaan oleh
Penjual
(vendor stock
replenishm,VSR).Penjual,atau pemasok dapat memulai proses pengisian kembali
dengan memantau sistem elektronik tingkat persediaan perusahaan.Ini
mengharuskan perusahaan untuk memberikan batabase bagi pemasok.Ketika
persediaan untuk suatu jenis barang mencapai titik pemesanan ke pemasok secara
otomatis menciptakan pesanan pembelian dan memenuhi pesanan tersebut dan para
pengecer besar lain memiliki hubungan VSR dengan beberapa pemasok mereka.
4. Transfer
Dana secara Elektronik
gambar 3.3. hanya memperlihatkan
arus data secara elektronik pengiriman barang yang dipesan pembayaran oleh
perusahaan tidak termasuk.Pengiriman barang tidak dapat dilakukan secara
elektronik kecuali untuk produk seperti perangkat lunak atau video,tetapi
pembayaran secara elektronik dapat dilakukan.Ketika data yang mewakili uang
ditansmisikan melalui jaringan komputer,itu dinamakan EFT,yaitu elektronic
funds transfer,EFT digunakan oleh banyak perusahaan dan juga oleh perorangan
yang cek gajinya didepositokan di rekening bank dan membayar tagihan dengan
pembayaran elektronik.
4. Standar EDI
Data yang mengalir antara
perusahaan dan mitra dagangnya terikat pada suatu format standar.Standar yang digunakan di Amerika
Utara dinamakan ANSI X12.standar internasional dinamakan EDIFACT
Format standar memungkinkan para
mitra dagang bertukar data tetapi memerlukan suatu proses translasi data
sebelum mengirim dan menerima data.Translasi ini diperlukan karena aplikasi
komputer para mitra umumnya tidak menangani data dlam format yang sama seperti
standar.Perangkat lunak khusus disebut perangkat lunak pemetaan(mapping
sofware)melakukan proses translasi.
5. Tingkat Penerapan EDI
tiga tingkat penggunaan yang
berbeda telah teridentifikasi adalah :
·
pemakai
tingkat satu. hanya
satu atau dua set transaksi yang
transmisikan ke sejumlah mitra dagang
yang terbatas.Misalnya perusahaan hanya mentransmisikan faktur dan pernyataan
ke pelanggannya.
·
pemakai
tingkat dua banyak
set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah besar mitra dagang,mungkin
melampaui lini industri.Banyak unit organisasi perusahaan berpartisipasi dalam
transmisi;namun aplikasi perusahaan itu tidak perpengaruh.
·
pemakai
tingkat tiga. bukan
Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang,tetapi
aplikasi komputer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua
adalah mengubah dokumen kertas menjadi dokumen elektronik.Tingkat pengguna ini
digambarkan sebagai pendekatan pintu ke pintu,karena hanya mempengaruhi
komunikasi data dan bukan aplikasi.Manfaatnya jauh lebih besar daripada jika
aplikasi perusahaan disesuaikan dengan EDI,yaitu pada tingkat tiga.
6. Pengaruh Penerapan
faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi keputusan EDI dan mengidentifikasikan empat yang
menentukan apakah perusahaan akan proaktif dan reaktif.Gambar 3.6
memperlihatkan pengaruh-pengaruh itu.
§ tekanan
persaingan. jika
perusahaan berada dalam posisi yang lebih buruk dibanding dengan pesaingnya
atau jika industri atau asosiasi perdagangan memberikan tekanan yang
kuatperusahaan akan menekankan EDI secara reaktif.
§ kekuasaan
yang dilaksanakan. jika
perusahaan dapat memberikan kekuasaan atas anggota IOS yang lain,perusahaan
akan bersifat proaktif dalam menerapkan EDI.Beberapa perusahan begit berkuasa
sehingga mereka akan menuntut agar mitra dagang mereka menggunakan EDI atau
berbisnis di tempat perusahaan lain
§ kebutuhan
intern. jika perusahaan melihat
bahwa partisipasi dalam IOS merupakan cara untuk meningkatkan operasinya
sendiri,perusahaan akan menerapkan EDI secara proaktif
§ Dukungan
manajemen. Tanpa
memandang apakah prusahaan bertindak secara proaktif,atau reaktif ,dukungan
manajemen puncak selalu mempengaruhi keputusan.
7. Manfaat EDI
Beberapa
manfaat EDI langsung berasal dari teknologi.ini adalah manfaat langsung dari
pengurangan kesalahan ,pengurangan biaya,dan peningkatan efisiensi
operasional.Manfaat lain dihasilkan oleh manfaat langsung.Ini adalah manfaat tidak
langsung dari peningkatan kemampuan bersaing,hubungan dengan mitra dagang yang
lebih baik,dan pelayanan pelanggan yang lebih baik.
·
Mengurangi
kesalahan. suatu penelitian EDI
Group Ltd.menemui tingkat kesalahan dapat menurun dari 10,1 % jika data dimasukkan
tanpa menjadi 4,4% dengan EDI.
·
Mengurang
biaya. pengurangan biaya dapat diwujudkan
dengan menghilangkan langkah-langkah yang berlebihan,menghapuskan
dokumen-dokumen kertas. Pengurangan untuk semua jenis dokumen dapat berkisar
dari $1,30 sampai $5,50 per dokumen.Pengurangan biaya itu dapat lebih besar
lagi untuk pesanan pembelian.biaya menyiapkan pesanan pembelian
secara konvensional dapat berkisar dari $75 sampai $350.
·
Meningkatkan
Efisiensi Operasional. manfaat IOS efisiensi
internal dan anggaran organisasi sebagian besar dimungkinkan oleh EDI.
·
Meningkatkan
kemampuan bersaing. kombinasi pengurangan
biaya dan tampilan pada yang unik yang dimungkinkan oleh IOS membuat pesaing
sulit menyamai produk pelayan perusahaan.
·
Meningkatkan
hubungan dengan mitra dagang. Dengan membentuk suatu
sistem formal dengan mitra dagang,hubungan baik terbentuk secara alami-sebagai
hasil sampingan dari kegiatan bisnis.semua peserta menyadari bahwa mereka
bekerja untuk tujuan yang sama.
·
Meningkatkan
Pelayan Pelanggan. kecepatan komunikasi
elekt ronik memungkinkan perusahaan cepat . pesanan pelanggan dan permintaan
jasa.Bila dikombinasikan dengan
pengurangan tingkat kesalahan dan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja
produk,hasilnya adalah peningkatan pelayan pelanggan.
Manfaat
langsung sering diukur dengan mata uang,dapat dapat meberikan justifikasi
ekonomis yang kuat untuk menggunakan EDI.
F. Metodologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
perangkat lunakdikembangkan untuk
melakukan tugas-tugas yang sebelumnya tak terbayangkan.Akhirnya pada tahun
1980-an,manajemen berkesimpulan untuk mengambil pandangan baru pada operasi
perusahaan,bukan hanya dalam bidang komputer,untuk menentukan apakah perusahaan
dapat bekerja dengan cara-cara baru dan lebih baik lagi dengan menggunakan
teknologi komputer.Banyak perusahaan yang terlibat dalam kegitan sperti
itu,yang dikenal dengan rancang ulang
proses bisnis(business process redesign-BPR).
G. Rancang
Ulang Proses Bisnis
Penggantian proses yang
ketinggalan jaman dengan yang lebih baru disebut rancang ulang proses
bisnis(business process redesign)atau BPR.Istilah rekayasa ulang proses
bisnis(business process reenngineering)juga digunakan.
BPR mempengaruhi jasa informasi
(IS)dalam dua cara :
1.
IS
dapat menerapkan BPR untuk merancang ulang sistem berbasis komputer yang tidak
dapat dipertahankan lagi melalui pemeliharaan sistem biasa.sistem seperti ini
disebut sistem warisan (legacy
system)karena terlalu berharga untuk dibuang tetapi memboroskan sumber daya IS.
2.
Jika
perusahaan menerapkan BPR untuk berbagai operasi utamanya,usaha tersebut pasti
menimbulkan dampak gelombang yang mengakibatkan rancang ulang sistem berbasis
komputer.
1. Rekayasa Mundur
Rekayasa
mundur berasal dari intelijen bisnis. Perusahaan mengikuti perkembangan
terakhir perusahaan pesaing dengan membeli contoh produk dan membongkarnya
untuk melihat cara kerja spesifikasi
rancangan dari produk pesaing diturunkan dari produk itu sendiri, berlawanan
dan pola normal, yang diawali dengan rancangan.
Untuk
komputer, rekayasa mundur (reverse engineering) adalah proses menganalisis
sistem untuk mengidentifikasi elemen-elemennya dan antar-hubungannya, serta
untuk emnciptakan dokumentasi dalam tingkat abstraksi yang lebih tinggi dari yang sekarang ada.
Rekayasa mundur ditearapkan pada suatu sistem jika terdapat kebutuhan untuk
menyiapkan dokumentasi baru. Seperti tidak ada dokumentasi sama sekali.
Titik
awal dalam merekayasa mundur suatu sistem adalah kode program, yang diubah
menjadi dokumentasi program seperti diagram tindakan, bahasa inggris
terstruktur (atau Pseudocode) bagan arus program. Dokumentasi ini dapat, pada
gilirannya, diubah menjadi penjelasan lebih abstrak seperti diagram arus
sistem. Transpormasi ini dapat dicapai dalam manual atau oleh perangkat lunak
BPR.
Karena itu, rekayasa mundur mengikuti suatu alur
mundur melalui siklus hidup sistem, yang digambarkan dalam gambar 3.8, dengan
merekonstruksi rancangan dan perencanaan sistem usaha pengembangan aslinya.
Hasilnya
adalah sistem yang terekomendasi secara menyeluruh. Namun, sistem itu melakukan
tepat seperti yang dilakukan rancangan awalnya. Rekayasa ulang tidak
mempengaruhi suatu fungsionalitas suatu sistem tugas yang dilaksanakannya,
tujuannya adalah memahami suatu sistem sehingga dapat membuat perubahan melalui
cara-cara lain, disebut rekonstruksi atau rekayasa ulang.
2. Restrukturisasi
Restrukturisasi
(restructuring) adalah transformasi suatu sistem menjadi bentuk lain yang
mengubah fungsionalitasnya. Contoh restrukturasi yang baik adalah transformasi
suatu program yang ditulis pada tahun-tahun awal komputer. Ketika hanya ada
sedikit standar pemogram menjadi program dalam program terstruktur atau
modal-modal hirarkis. Setelah suatu program direstrukturisasi. Program itu kembali
digunakan, sehingga menghasilkan pola lingkaran dan tampak dalam gambar 3.9.
seperti halnya rekayasa mundur, restrukturisasi dapat dilakukan dalam arah
mundur melalui tiap tahap dari siklus hidup sistem. Hasilnya adalah suatu
sistem terstruktur lengkap dari rencana kode.
3. Rekayasa ulang
Rekayasa
ulang (reengineering) adalah rancang ulang lengkap suatu sistem dengan tujuan
mememenuhi fungsionalismenya. Ini bukan pendekatan “hapus habis” karena
pengetahuan mengenai cara yang sedang berjalan tidak diabaikan sama sekali.
Pengetahuan itu dapat diperoleh dengan pertama terlibat dalam rekayasa mundur.
Lalu sistem itu dikembangkan secara normal. Rekayasa maju (forward engineering)
diberikan untuk proses yang mengikuti siklus hidup secara normal saat terlibat
dalam BPR. Gambar 3.10 menunjukkan pola rekayasa mundur dan dari rekayasa
ulang,
. Pemilihan
Komponen-komponen BPR
Komponen-komponen
BPR (tiga R) dapat diterapkan secara terpisah atau dalam kombinasi tergantung
pada tingkat perubahan yang diinginkan. Paduan yang tepat tergantung pada
sistem saat ini dalam hal kualitas teknis dan fungsional. Gambar 3.11 adalah
diagram yang menunjukkan dua pengaruh ini. Kualitas fungsional adalah suatu
ukuran mengenai apa yang dilakukan sistem. Kualitas teknis, sebaliknya,
merupakan suatu ukuran mengenai bagaimana sistem itu dilakukan.
Berdasarkan
kuadran kiri bawah dari gambar itu, jika kualitas fungsional maupun teknis
buruk, proyek rekayasa maju menjadi keharusan. Keadaan begitu buruk sehingga
paling baik mulai dari awal, mengikuti langkah-langkah siklus hidup sistem
secara normal.
Jika
fungsionalitas baik tetapi kualitas teknis buruk, rekayassa mundur harus
diikuti dengan restrukturisasi. Rekayasa mundur menghasilkan dokumentasi yang
memungkinkan restrukturisasi.
Jika
fungsionalitas buruk tetapi kualitas teknis baik, rekayasa ulang diperlukan.
Dalam hal ini sistem mencerminkan teknik-teknik modern tetapi tidak melakukan
pekerjaan yang tepat.
Akhirnya,
dikuadran kanan atas, jika fungsionalitas maupun kualitas maupun kualitas baik,
yang terbaik adalah membiarkannya.
5. Rancang ulang
proses bisnis dan EDI
Menerapkan
EDI tanpa terlibat dalam BPR adalah mungkin. Perusahaan juga terlibat dalam BPR
tanpa menyertakan EDI dalam rancangan baru. Namun, mengkombinasikan EDI dengan
BPR cukup populer.
Bagan
dalam 3.12 didasarkan pada data riset dan menunjukkan bahwa sekitar 33 persen
perusahaan yang terlibat dalam BPR pada saat penelitian juga menggunakan EDI.
Sebanyak 12, 9 persen berencana menggunakan EDI di tahun yang akan datang dan
18, 1 persen lagi berencana menggunakannya di masa depan. Yang melihat logika
menggabungkan BPR dan EDI jumlahnya menjadi 64 persen. Ini masuk akal. EDI
adalah strategi perusahaan dan BPR adalah metodologi perusahaan. Mereka cocok.
Pada
titik ini, perusahaan tahu apa yang diinginkannya membangun IOS. Perusahaan
juga tahu apakah ia ingin mengikuti SLC atau menggunakan BPR. Langkah
selebihnya dalam proses pengembangan perdagangan melalui jaringan elektronik
melibatkan pemilihan teknologi yang akan menghubungkan perusahaan dengan para
mitra dagangnya.
H. Teknologi
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Komunikasi
data adalah bidang komputasi yang sedang mendapatkan perhatian paling banyak
dengan internet dalam sorotan. Internet membuka berbagai peluang baru di hampir
semua bidang bisnis, termasuk perdagangan melalui jaringan internet. Namun,
untuk perusahaan-perusahaan yang ingin membangun sistem antar-organisasi dengan
menggunakan EDI. Beberapa teknologi juga dapat dipertimbangkan.
1. Pilihan
Teknologi
Ada
tiga pilihan teknologi utama sambungan langsung (direct connectivity), jaringan
berteknologi tambah (traine added network) dan internet.
§ Sambungan langsung.
Perusahaan dapat membentuk kaitan komunikasi data dengan mitra dagangnya dengan
menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia teknologi umum seperti
AT&T, GTE, dan MCE, dan sprint. Sirkuit-sirkuit itu berbentuk saluran
dial-up atau pribadi dan dapat menggunakan beragam jenis sirkuit seperti
serat-serat dan transmisi gelombang mikro.
§ Jaringan bernilai
tambah. Jaringan bernilai tambah (value added
network-VAN) disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit
tetapi juga hanya menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan
sirkuit itu bagi EDI. Misalnya penjual VAN dapat menyediakan perangkat lunak
pemetaan, mengelola file log dan arsip, serta membantu dalam pelanggan mitra
dagang. Beberapa penyedia VAN utama adalah Advantis, GEIS, dan Sterling Common.
§ Internet.
Internet memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya
menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan. Sebagian
besar kebangkitan perdagangan melalui jaringan elektronik diharapkan berasal
dari perusahaan-perusahaan yang akan mempromosikan dan dalam beberapa kasus
mengirimkan produk mereka melalui internet.
Tiap alternatif
memiliki keunggulan dan kelemahan. Sekarang VAN merupakan cara paling umum
untuk terlibat dalam EDI, tetapi sambungan langsung semakin paling dipilih oleh
para mitra dagang sebagai cara untuk menghindari tagihan VAN. Namun tagihan VAN
menyatakan sebagian besar biaya itu untuk pelayanan. Dennis Clark dari Sterling
Commerce menyatakan,”sekitar lima persen dari beban kami kepada pelanggan
adalah untuk menyampaikan data. Sebagian besar dari beban kami melibatkan
sentuhan dari manusia membantu mereka menyiapkan komunitas mitra dagang mereka,
menghubungkan para mitra dagang mereka, serta manajemen hubungan itu secara
berkelanjutan. Hal itu tidak dapat dilakukan oleh teknologi semata.
Tiadanya pelayanan
seperti itu merupakan karakteristik bukan hanya sambungan langsung tetapi juga
sambungan internet. Ketiga alternatif teknologi itu akan tetap digunakan hingga
internet dapat sepenuhnya memuaskan kebutuhan EDI dari semua jenis dan ukuran
perusahaan.
Karena potensi internet
untuk mengubah seluruh aspek operasi bisnis, termasuk perdagangan melalui
jaringan elektronik, kita akan mengkhususkan sisa bab ini untuk alternatif
internet.
I. Perkembangan
Internet
Asal mula internet
dapat ditelusuri ke tahun 1979, ketika pemerintah A.S. membentuk suatu jaringan
yang dinamakan APARNET, dan terhadap berbagai upaya yang dimulai pada tahun
1989 yang mengarah ke apa yang sekarang dikenal sebagai World Wide Web.
1. Aparnet
Tujuan APARNET, suatu
produk dari Advanced Research Projects Agency, adalah memungkinkan personel
militer dan periset sipil bertukar informasi yang berkaitan dengan militer. Itu
adalah jaringan pertama yang memperlihatkan kemampuan transmisi data dalam
bentuk paket dari komputer ke komputer.
APARNET masih ada.
Bahkan, bersama dengan dua jaringan lain, CSNET (Commerce Science Network) dan
NSFNET (National Science Foundation Network) . APARNET membentuk apa yang
sekarang dikenal sebagai internet. Internet adalah nama yang diberikan kepada
jaringan komputer terbesar di dunia, masing-masing terdiri dari
jaringan-jaringan yang lebih. Gambar 3.13 mengilustrasikan konsep jaringan
dalam jaringan ini.
Ketika seseorang
meminta data dari internet, permintaan itu berpindah dari komputer-komputer di
seluruh jaringan hingga mencapai lokasi tempat data itu disimpan. Tanggapan itu
mengikuti jalur komputer ke komputer yang sama kembali ke orang yang membuat
permintaan.
Selama tahun 1970-an,
pekerjaan yang di APARNET terdiri dari menghubungkan berbagai jaringan dan
mengembangkan perangkat lunak antarjaringan yang diperlukan. Selama awal tahun
1980-an, jaringan itu lalu dikenal sebagai internet, dan selama periode ini
perusahaan-perusahaan bisnis mulai menggunakannya dari workstation dan jaringan lokal.
2. World Wide Web
Pada tahun 1989, Tim
Berners Lee, seorang ilmuan komputer yang bekerja di CERN, Laboratorium Fisika
Partikel Eropa, menemukan suatu cara yang lebih baik bagi para fisikawan untuk
berkomunikasi. Idenya adalah menggunakan hypertest,
dokumen-dokumen dalam bentuk elektronik yang saling dikaitkan dengan cara
tertentu. Seperti diharapkan Berners Lee, para fisikawan dapat mengklik kata
atau kalimat yang ditampilkan di layar komputer mereka dan mengambil hypertext itu. Ide itu menjadi kenyataan
pada pertengahan 1992 dalam bentuk World Wide Web dan sejak itu jauh melampaui
harapan awalnya. Bukan hanya sekedar menangani materi teks, tetapi juga mampu
menyimpan dan mengambil hypermedia,
multimedia yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan video. World Wide Web
atau disebut Web, WWW, dan W3, adalah ruang informasi di internet tempat
dokumen-dokumen hypermedia disimpan
dan dapat diambil melalui suatu skema alamat yang unik.
Internet menyediakan
arsitektur jaringan, Web menyediakan metode untuk menyimpan dan mengambil dokumen-dokumennya.
Istilah World Wide Web
Banyak istilah yang
secara normal dikaitkan dengan internet sebenarnya berhubungan dengan web.
a) Web Site.
Ini mengacu pada semua komputer yang dikaitkan ke internet yang berisi hypermedia yang dapat diakses dari komputer
lain di jaringan melalui suatu hypertext
link.
b) Hypertext Link.
Ini mengacu pada suatu penunjuk yang terdiri dari teks atau grafik yang
digunakan untuk mengakses hypertext
yang disimpan di web site. Teks itu biasanya digaris-bawahi dan ditampilkan
dalam warna biru. Jika kursor ditempatkan di atasnya, bentuk kursor itu akan
berubah menjadi tangan dengan jari yang menunjuk.
c) Web Page.
Ini mengacu pada suatu file hypermedia
yang disimpan di suatu web site, yang
diidentifikasi oleh suatu alamat yang unik.
d) Home Page.
Ini mengacu pada halaman petama dari suatu web
site. Halaman-halaman lain di site
tersebut dapat dicapai dari home page.
e) URL (Universal Resource
Locator). Ini mengacu pada alamat dari suatu web page,
diucapkan “earl”. Gambar 3.14 memperlihatkan formatnya.
·
Protocol adalah satu
set standard yang mengatur komunikasi data. HTTP adalah protocol untuk
hypertext, dan huruf-huruf itu adalah singkatan dari hypertext transport
protocol. Nama protocol dalam huruf kecil, diikuti oleh dua titik (:) dan dua
garis miring (//)/
·
Domain name adalah web
site tempat web page disimpan. Nama itu dapat dimiliki titik-titik (disebut
dot). Tiga huruf terakhir dari domain
name menyatakan jenis web site, edu (pendidikan/education), com
(komersial/commercial), dan gov (pemerintahan/goverment) adalah yang paling
sering dipakai. Domain name diikuti
oleh satu garis miring.
·
Path dapat
mengidentifikasi suatu account
tertentu di web site dan hipertext markup lamp (HTML). HTML
adalah kode program yang menciptakan hypertext
links, dan titik serta huruf kecil.
f). Browser. Ini mengacu
pada suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan kita mengenal hypermedia
dengan mengetikkan parameter pencarian atau mengklik suatu grafik. Kemampuan
membebaskan kita dari keharusan untuk mengetahui URL dari web page yang berisi informasi kita butuhkan. Browser yang populer mencakup infoseek, WebCrawler, dan yahoo.
Browser disebut search engine.
g)
FTP (File
Transfer Protocol). Ini mengacu pada perangkat lunak
yang meungkinkan menyalin file ke komputer kita dari web site mana aja. Untuk dapat melakukan ini, kita harus URL dari web site tersebut.
Karena internet dan World Wide Web telah
diterima oleh sebagian besar masyarakat umum, bebarapa istilah ini dapat
menyusup ke bahasa sehari-hari kita kita hampir tidak pernah mendengarkan
radio, menonton TV, atau berjalan-jalan tanpa bertemu dengan bisnis
mengiklankan alamat internet”dot com” nya.
J. Cyberspace dan Information Superhighway
Dua istilah juga dikaitkan dengan internet web. Yang satu
adalha ciberspace dan yang satu adalah Information superhighway. Istilah
cyberspace muncul pada tahun 1984, ketika William Gibson menggunakan bukunya
Neuromancer untuk menjelaskan masyarakat yang telah menjadi budak teknologi.
Cyberspace. Suatu halusinasi bersama yang dialami tiap hari oleh miliaran operator
dilegitimasi, ditiap negara oleh anak-anak yang diajarkan konsep-konsep
konsep-konsep matematika. Suatu gambaran grafik dari data yang diiktisarkan
dari bank data tiap komputer di sistem manusia. Kerumitan tak terpikirkan.
Garis-garis cahaya yang mengembangkan pikiran,kumpulan dan konstelasi data
tanpa ruang. Seperti cahaya kota meredup..
Walau gambaran awalnya suram,istilah tersebut berkembang
menjadi lapisan transmisi elektronik komputer yang menyelimuti bumi. Sekarang
cyberspace berarti dunia internet dan world-wide-web.
Istilah information superhighway juga digunakan dalam
konteks yang sama, tetapi tidak kesepakatan lengkap tentang dampak akhirnya
pada masyarakat. Istilah tersebut biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu
kekuatan positif yang memberikan pada tiap orang akses ke informasi yang ada
dalam masyarakat modern kita. Namun ada orang-orang yang keberatan, takut bahwa
information superhighway akan dimanfaatkan oleh bisnis sebagai usaha mendorong
penjualan mereka pada amsyarakat yang lugu dan yang tidak menaruh curiga
sebagai suatu cara untuk mengkomunikasikan informasi yang bernilai.
K. Suatu model internet
Baik internet maupun web mengikuti arsitektur
client/server. Sekarang ini merupakan cara populer untuk jaringan se-perusahaan
(enterprise-wide network) dalam bisnis, dan mencakup komputer sentral yang
melaksanakan peran server dan para pemakai di workstation yang merupakan
clients. Selain web, ada beberapa sistem pengambilan informasi client server
lain yang dapat menggunakan internet..
·
Gopher. Gopher yang
dikembangkan oleh universitas minnesota sebagai suatu cara mengambil dokumen.
·
WAIS. (Wide Area
Information Serves) adalah suatu sistem yang digunakan untuk menentukan lokasi
dan mengambil materi teks.
·
USENET. Internet telah
memungkinkan orang-orang dengan minat yang sama, disebut newsgroup, bertukar
informasi secara elektronik.
L. Standar Internet
Alasan utama mengapa internet web diterima secara terbuka
oleh pemakai komputer di seluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama
sebagai suatu sistem tunggal aygn dapat digunakan dari platform komputer
apapun.
Dua organisasi menjadi pemimpin dalam menetapkan standar
internet dan web. Internet society dibentuk tahun 1992 untuk mempromosikan
penggunaan komersial internet dan telah mendelegasikan tanggung jawab untuk
standar internet ke IETF (Internet Engineering Task Force). Stardar web berasal
dari World-Wide Web Consortium (W3C).
M. Keamanan Internet
Ada banyak kelemahan dalam internet, tetapi kelemahan
yang berpotensi menghambat penggunaan untuk bisnis adalah kurangnya keamanan.
Dalam pembahasan fungsi jasa informasi, kita menjelaskan bagaimana perusahaan
bersusah payah menjaga keamanan sumber daya informasinya. Sumber daya itu
dihadapkan pada risiko maksimum jika dihubungkan pada suatu jaringan komunikasi
data, dan bila jaringan itu memiliki skala dan jumlah pemakai seperti internet,
risikonya meningkat sangat tinggi. Hackers dan kriminal
komputer lain dapat masuk kedalam jaringan komputer perusahaan melalui web
sitenya.
Suatu pendekatan adalah memisahkan web site secara
fisik dari jaringan internal perusahaan, yang berisi data dan sumber daya
informasi. Pendekatan lain adalah memberikan kata sandi kepada para mitra
dagang yang memungkinkan mereka memasuki jaringan internal melalui internet.
Pendekatan ketiga adalah membuat suatu tembok perlindungan. Ini adalah strategi
yang sama dengan yang digunakan kontraktor bangunan yang membangun tembok tahan
api (firewall).
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen
(consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang
perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer
(komputer networks) yaitu internet.
E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang
satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan
(customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam
pelayanan public. Jika diklasifikasikan,
B. SARAN
Penulis menyadari ketidaksempurnaan yang ada didalam
Makalah ini. Karena sesungguhnya penulis adalah masih sedang dalam tahap
belajar. Dan untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya
membangun . Kritik dan saran anda akan sangat bermanfaat bagi saya agar dapat
memperbaiki kekurangan untuk mencapai kesempurnaan. Kritik dan saran anda saya
tunggu. Terima kasih…
BAB IV
DAFTAR
PUSTAKA
McLeod, Raymond, dkk. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Salemba Empat
Binus. Definisi
E-Commerce.
Wikipedia. E-
Commerce
Tidak ada komentar:
Posting Komentar